Acara
Jaring Nusa

Pengelolaan Akses dan Pengaturan Wilayah Pesisir Laut Sebagai Strategi Mendorong WIlayah Kelola Nelayan yang Adil dan Berkelanjutan

Kondisi perikanan yang bersifat open access mengindikasikan tidak adanya batasan untuk memanfaatkan sumberdaya laut terkhusus komoditi perikanan. Pengelolaan wilayah pesisir dan laut begitu marak terjadi bahkan hingga saat ini.

Penangkapan ikan berlebih (overfishing), penangkapan ikan dengan bahan peledak, serta konflik pemanfaatan ruang pesisir, konflik wilayah tangkap dan wilayah laut. Selain permasalahan lingkungan, secara umum derajat kesejahteraan masyarakat yang hidup di sekitar wilayah pesisir masih rendah khususnya nelayan.

Untuk membahas permasalahan tersebut, Yuk ikuti sharing session pembelajaran Pengelolaan ruang laut berbasis masyarakat dalam praktek perikanan yang merupakan langkah strategis untuk mendorongkan perubahan yang terjadi di masyarakat terutamanya terkait kebijakan pengakuan, perlindungan dan pengelolaan pesisir, laut dan pulau-pulau kecil di Kawasan Timur Indonesia.