Tinjauan Lingkungan Hidup 2023 WALHI: Terdepan di luar Lintasan

Tinjauan Lingkungan Hidup 2023 WALHI: Terdepan di luar Lintasan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahun 2023 merupakan momentum penting dikarenakan waktunya para politisi menggalang kekuatan untuk Pemilu 2024 mendatang. Walhi menyerukan kepada publik agar tidak salah pilih dan memastikan memilih calon yang peduli dengan lingkungan hidup.

Selama ini, pemerintah menjadi instrumen dari bisnis dan justru di tiga tahun terakhir menjadi makin parah karena bukan hanya pemerintah tetapi juga termasuk Negara. Agenda pemerintah, seolah-olah terdepan untuk kepentingan rakyat, namun fakta di komunitas, justru jauh dari kepentingan rakyat.

Konflik yang tak terselesaikan, bencana ekologis yang terus meluas dan kriminalisasi yang terus meningkat menunjukkan pemerintah telah keluar dari tanggung jawabnya dalam melindungi, menghormati dan memenuhi hak rakyat, terutama hak atas lingkungan.

Jika Indonesia ingin mengembalikan fungsi lingkungan maka Ekonomi Nusantara adalah jalan keluarnya. Ekonomi Nusantara, secara mendasar akan menjawab dua krisis besar saat ini yaitu krisis ketimpangan dalam kesejahteraan dan krisis ekologis.

Sementara agenda pembangunan keberlanjutan (Sustainability Development Goals (SDGs) yang saat ini sedang digalakkanpemerintah, belum bisa diharapkan untuk menjadi jalan ekonomi Indonesia dan belum bisa menjawab dua krisis utama yang sedang dihadapi Indonesia.

Dokumennya dapat diakses disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *